SELOKAN TERSUMBAT TIDAK HANYA DI KOTA

     Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat kurang. Kedisiplinan dalam membuang sampah juga masih kurang. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya menimbulkan selokan menjadi tersumbat. Selokan yang tersumbat karena ulah manusia kini sudah terjadi dimana-mana. Tidak hanya dikota -kota besar, bahkan didesa-desa kini juga sudah banyak selokan yang tersumbat. Namun, tersumbatnya selokan didesa tidak separah yang ada dikota-kota.

     Bau yang ditimbulkan dari tersumbatnya selokan sangatlah tidak sedap. Sehingga banyak masyarakat yang mengeluh akibat dari bau tersebut, karena mereka merasa sudah menjaga kebersihan. Padahal hanya sebagian warga yang tidak mau menjaga lingkungan dengan baik namun dampaknya dirasakan oleh semua warga yang ada disekitar selokan tersebut.
     Selokan yang tersumbat bisa menyebabkan bencana banjir. Bencana banjir menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit tersebut diantaranya adalah gatal-gatal, sakit perut atau diare, dan kurangnya air bersih. Selain itu selokan yang tersumbat dapat mengurangi nilai estetika lingkungan, karena tersumbatnya selokan dapat mengurangi keindahan lingkungan. Selain itu, juga dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.
     Untuk mengatasi selokan yang tersumbat upaya yang harus dilakukan masyarakat adalah masyarakat sebaiknya mengadakan kerja bakti pada hari minggu untuk membersihkan selokan yang tersumbat dan lingkungan disekitarnya, kepala desa sebaiknya juga membuat peraturan tertulis untuk masyarakat yang membuang sampah sembarangan termasuk diselokan diberikan sanksi.


                          Karya :
        • Febriana Puja Anggrita           (17)
        • IntanPrananda                         (22)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Penawaran dan balasan (Eka Setyaningrum dan regina Dyahayu P.)

Surat Penawaran dan Balasan (Salsabila Fairuz Shofi dan Hanif Nur Zhulaikah)

Biografi Dr.Yogi Ahmad ( Selvina Nurwiyani/34 )